Knowing is Half the Battle, or not?

Knowing is half the battle

Istilah itu populer dari film kartun Amerika tahun 80-an, GI Joe. Ketika anak anak melakukan suatu tindak berbahaya atau merugikan orang lain, lalu karakter GI Joe mengingatkan mereka. Si anak akan berkata, “Now we know.” Kemudian GI Joe akan membalas, “Now you know, and knowing is half the battle.” Maksud dari ucapan ini adalah, dengan mengetahui, kita telah melewati setengah pertempuran. Itu artinya mengetahui itu bagian penting dalam pertempuran.

Saya baru mengetahui tentang asal muasal ungkapan ini sejak mengikuti kuliah online dari Coursera, The Science of Well-being yang diadakan oleh Yale University. Apa hubungannya kuliah well-being dengan GI Joe? Berdasarkan penjelasan dari sang dosen, Ibu Laurie Santos, ungkapan knowing is half the battle adalah kekeliruan, atau bisa dibilang GI Joe fallacy. Karena mengetahui saja belum cukup untuk benar-benar merubah pikiran dan sikap kita. Beliau mencontohkannya dengan ilusi optik, di mana dengan mengetahui saja belum tentu membuat kita memilih yang benar.

Garis mana yang lebih panjang?

Pada gambar di atas, kita tahu bahwa kedua garis horizontal itu memiliki panjang yang sama. Namun mata kita percaya kalau garis kedua lah yang lebih panjang. Hal ini juga berlaku pada ilusi optik yang lain. Di mana mata kita menipu apa yang telah kita ketahui. Itulah sebabnya ibu dosen membahas GI Joe fallacy di awal perkuliahan, karena hal ini tidak hanya berlaku pada ilusi optik. Pada perkuliahan misalnya, untuk menjadi manusia yang sejahtera seutuhnya, tidak cukup hanya dengan mengikuti perkuliahan. Pengetahuan saja tidak menghasilkan apa-apa. Karena yang utama adalah setelah mengikuti perkuliahan, setelah mengetahui, pesertanya mempraktekkan apa yang telah diketahui.

Hal ini juga saya rasakan pada setiap aspek kehidupan. Saya tahu apa yang harus dilakukan untuk hidup sehat, tetapi gaya hidup saya masih jauh dari kata sehat. Urusan spiritual, saya tahu bagaimana seharusnya beribadah dan bersikap sebagai muslim, tapi yang saya lakukan kadang sebaliknya. Belum lagi urusan lainnya, banyak hal yang saya ketahui tapi tidak dipraktekkan.

Leave a comment